Breaking News

Patung Pilot Belanda itu Setia Menjaga Makamnya Sendiri

Makam itu nampak berbeda dengan makam yanh biasanya, sebuah makam yang seakan dijaga oleh sebuah patung di atasnya. Makam ini terletak di Pemakaman Kristen Kembang Kuning Surabaya.

Patung itu nampak seperti seorang pilot yang sedang duduk gagah, namun misteri tentang sosok patung beserta makam itu tak ada satu pun orang yang tahu. Sosok pilot itu menyimpan banyak sejarah tentang dunia penerbangan di zaman dahulu.

"Saya tidak tahu pasti bagaimana sejarah mengenai makam tersebut, saya hanya tahu itu makam pilot. Bahkan namanya pun saya tak tahu, karena memang nggak ada tulisan di makamnya," terang Slamet salah satu staf pengelola makam di sana.




Patung yang dominan berwarna putih dengan helm hitamnya itu kabarnya merupakan patung seorang penerbang Belanda bernama Alfred Emile Rambaldo. Dikutip dari sumber Majalah Angkasa edisi Koleksi Sejarah Penerbangan Indonesia, ia merupakan seorang Perwira Angkatan Laut Belanda.

Uniknya, Rambaldo merupakan pilot pertama yang berhasil menerbangkan balon udara di Batavia. Perjalanan panjang sejarah mengenai Rambaldo ini, pengelola makam ataupun orang sekitar tidak mengetahui secara persis bagaimana riwayat makam tersebut. Siapa nama dan asal usul sang pilot tersebut.

Slamet pun tidam tahu persis mengenai sejarah tentang patung makam yang berada di blok E.340 tersebut.

"Nggak ada yang tahu pasti, yang banyak tahu cuma itu makam Pak Pilot," imbuhnya.

Orang sekitar yang sering berada di area makam pun tidak mengetahui persis tentang asal usul patung pilot tersebut. Mereka hanya mengetahui patung tersebut adalah seorang pilot pada jaman perang Belanda di masa lalu.

"Saya memang lama di sini, rumah saya di dekat sini tapi saya nggak tahu siapa namanya. Sejak tahun 1960an saya sama teman-teman waktu kecil sering main ke sini, katanya itu patung pilot," terang Mbak Yah petugas kebersihan.

Simpang siur kabar mengenai keberadaan patung dan makam tersebut menjadi misteri hingga kini, cerita di zaman dahulu mengenai Rambaldo menjadi sejarah menarik yang ada di Indonesia.

Reporter: Reiffia S. Dwiyoto

Tidak ada komentar