Breaking News

2018, Sypnatics Hadirkan Ponsel Dengan Pemindai Sidik Jari di Layar

Soeradbaja.net - Salah satu teknologi masa depan yang dinanti kehadirannya adalah sensor fingerprint yang tertanam di layar atau disebut juga in-display fingerprint. Perusahaan yang telah memamerkan teknologi tersebut adalah Vivo bersama dengan Qualcomm di ajang MWC Shanghai. Namun, memamerkan sebuah demo tidak semudah menghadirkan teknologi tersebut dalam dunia nyata. 
Bahkan, raksasa teknologi seperti Samsung dan Apple dikabarkan juga tengah menggarap sensor seperti itu sejak pertengahan 2017. Tapi sekarang kita tahu bahwa mendapatkan pemindai sidik jari yang terpercaya tidak mudah dan menjadi persoalan yang rumit, dimana baik Samsung dan Apple masih belum berhasil.
Synaptics menyebut bahwa teknologinya yang sudah diproduksi massal itu akan dipamerkan di ajang CES 2018, seperti dilaporkan ZDNet.
Hal ini disebutkan saat Synaptics mengumumkan produksi massal teknologi pemindai sidik jari mereka itu. Sehingga tak lama lagi teknologi yang bisa memindai sidik jari langsung diatas layar ponsel itu akan bisa segera ditemui dipasaran.


Synaptics melakukan produksi massal untuk sensor sidik jari bawah layar (in-display) generasi terbaru mereka, Clear ID-FS9500. Generasi pertama teknologi itu adalah Clear ID FS9100 yang pertama dikenalkan pada akhir 2016.
Generasi terbaru Clear ID-FS9500 itu khusus ditujukan untuk ponsel yang tidak memiliki bezel seperti Samsung Galaxy S8 dan iPhone X. Pemanufaktur juga tak perlu menyediakan tombol khusus untuk menempatkan pembaca sidik jari, demikian diberitakan Macrumors.
Synaptic menyebut bahwa sensor sidik jarinya akan aktif otomatis di layar saat dibutuhkan. Sensor ini juga dua kali lebih cepat dari pengenal wajah 3D.
Teknologi ini juga dapat digunakan baik ketika tangan pengguna basah, dingin, maupun kering. Sidik jari tetap terbaca meski ponsel digunakan di bawah air. Pembaca sidik jari tetap bekerja saat ditempatkan dibawa kaca atau metal berkat teknologi pengenal sidik jari dengan ultrasonik.
Sementara Apple, memilih mengembangkan sendiri teknologi pengenal sidik jari mereka, TouchID. Namun, FaceID menggantikan TouchID digawai anyar mereka.

Di masa lalu, Synaptics menjadi salah satu pemasok komponen layar milik Apple. Tapi belum jelas apakah Apple juga akan memboyong teknologi Synaptics ini atau tidak.

Tidak ada komentar